GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Tuesday, April 23 2024  - 1 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



03.09.2020 01:31:56 1346x read.
INSPIRATION
Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus pada Hari Doa Sedunia untuk Pemeliharaan Ciptaan.

Pesan Bapa Suci Paus Fransiskus pada Hari Doa Sedunia untuk Pemeliharaan Ciptaan.

 

“Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya.”

(Im 25:10)

Saudara dan saudari terkasih,

Setiap tahun, terutama sejak terbitnya Ensiklik Laudato Si ‘(LS, 24 Mei 2015), hari pertama September dirayakan oleh keluarga Kristiani sebagai Hari Doa Sedunia untuk Pemeliharaan Ciptaan dan awal Musim Penciptaan, yang diakhiri pada pesta Santo Fransiskus dari Assisi pada tanggal empat Oktober. Selama periode ini, orang-orang Kristen di seluruh dunia memperbarui iman mereka kepada Tuhan pencipta dan bergabung dalam doa serta bekerja untuk memelihara rumah kita bersama.

Saya sangat senang bahwa tema yang dipilih oleh keluarga oikumenis untuk perayaan Musim Ciptaan 2020 adalah Jubileum Bumi, tepatnya tahun ini yang menandai peringatan 50 tahun Hari Bumi. Dalam Kitab Suci, tahun Yobel adalah waktu suci untuk mengingat, kembali, beristirahat, memulihkan, dan bersukacita.

1. Waktu untuk Mengingat

Kita diundang untuk mengingat di atas segalanya bahwa tujuan akhir ciptaan adalah masuk ke dalam Sabat kekal Allah. Namun, perjalanan ini berlangsung dalam waktu, mencakup ritme tujuh hari dalam seminggu, siklus tujuh tahun, dan Tahun Yubileum agung yang datang pada akhir tujuh tahun Sabat.

Jubileum memang merupakan waktu rahmat untuk mengingat panggilan asli ciptaan untuk hidup dan berkembang sebagai komunitas kasih. Kita hanya ada dalam hubungan: dengan Tuhan Pencipta, dengan saudara dan saudari kita sebagai anggota keluarga yang sama, dan dengan semua makhluk Tuhan dalam rumah kita bersama. “Semuanya terkait, dan kita manusia bersatu sebagai saudara dan saudari dalam ziarah yang luar biasa, dijalin bersama oleh cinta yang Tuhan miliki untuk setiap makhluknya dan yang juga mempersatukan kita dalam kasih sayang dengan saudara matahari, saudari rembulan, saudara sungai dan ibu pertiwi ”(LS, 92)

Jubileum, kemudian, adalah saat mengenang, di mana kita menghargai ingatan akan keberadaan antar-relasional kita. Kita perlu terus-menerus mengingat bahwa “segala sesuatu saling berhubungan, dan bahwa kepedulian yang tulus terhadap kehidupan kita sendiri dan hubungan kita dengan alam tidak dapat dipisahkan dari persaudaraan, keadilan, dan kesetiaan kepada orang lain” (LS, 70).

2. Waktu untuk Kembali

Jubileum adalah waktu untuk berbalik dalam pertobatan. Kita telah memutuskan ikatan hubungan kita dengan Sang Pencipta, dengan sesama manusia, dan dengan ciptaan lainnya. Kita perlu menyembuhkan hubungan yang rusak yang penting untuk mendukung kita dan seluruh tatanan kehidupan.

Jubileum adalah waktu untuk kembali kepada Tuhan Pencipta kita yang penuh kasih. Kita tidak bisa hidup selaras dengan ciptaan jika kita tidak berdamai dengan Pencipta yang merupakan sumber dan asal mula segala sesuatu. Seperti yang diamati oleh Paus Benediktus, “konsumsi ciptaan yang brutal dimulai ketika Tuhan tidak ada, di mana materi telah menjadi materi sederhana bagi kita, di mana kita sendiri adalah ukuran terakhir, di mana segala sesuatu hanyalah milik kita” (Pertemuan dengan para Imam, Diakon, dan Seminaris dari Keuskupan Bolzano-Bressanone, 6 Agustus 2008).

Musim perayaan memanggil kita untuk memikirkan sekali lagi tentang sesama manusia, terutama yang miskin dan yang paling rentan. Kita diminta untuk menyesuaikan kembali rencana ciptaan Tuhan yang asli dan penuh kasih sebagai warisan bersama, sebuah perjamuan yang dibagikan oleh semua saudara dan saudari kita dalam semangat keramahtamahan, bukan dalam persaingan bersaing tetapi dalam persekutuan yang menyenangkan, saling mendukung dan melindungi. Jubileum adalah waktu untuk membebaskan yang tertindas dan semua yang terbelenggu dalam belenggu berbagai bentuk perbudakan modern, termasuk perdagangan manusia dan pekerja anak.

Kita juga perlu sekali lagi mendengarkan tanah itu sendiri, yang oleh Kitab Suci disebut adamah, tanah tempat manusia, Adam, dibuat. Hari ini kita mendengar suara ciptaan menasihati kita untuk kembali ke tempat yang seharusnya dalam tatanan alam yang diciptakan – untuk mengingat bahwa kita adalah bagian dari jaringan kehidupan yang saling berhubungan ini, bukan tuannya. Disintegrasi keanekaragaman hayati, bencana iklim yang semakin parah, dan dampak yang tidak adil dari pandemi saat ini terhadap orang miskin dan rentan: semua ini adalah peringatan di hadapan keserakahan dan konsumsi kita yang merajalela.

Khususnya selama Musim Penciptaan ini, semoga kita memperhatikan ritme dunia ciptaan ini. Karena dunia diciptakan untuk mengkomunikasikan kemuliaan Tuhan, untuk membantu kita menemukan dalam keindahannya Tuhan dari semua, dan untuk kembali kepadanya (lih. SAINT BONAVENTURE, In II Sent., I, 2, 2, q. 1 , kesimpulan; Breviloquium, II, 5.11). Dengan demikian, bumi tempat kita diciptakan adalah tempat berdoa dan meditasi. “Marilah kita membangunkan rasa estetika dan kontemplatif yang diberikan Tuhan” (Querida Amazonia, 56). Kemampuan untuk bertanya-tanya dan merenung adalah sesuatu yang dapat kita pelajari terutama dari saudara-saudara kita yang asli, yang hidup rukun dengan tanah dan berbagai bentuk kehidupannya.

3. Waktu Istirahat

Dalam kebijaksanaannya, Tuhan mengesampingkan hari Sabat agar tanah dan penghuninya dapat beristirahat dan diperbarui. Namun belakangan ini, cara hidup kita mendorong planet ini melampaui batasnya. Permintaan kita yang konstan untuk pertumbuhan dan siklus produksi dan konsumsi yang tak ada habisnya menguras alam dunia. Hutan hilang, tanah lapisan atas terkikis, ladang gagal, gurun bertambah banyak, laut menjadi asam dan badai meningkat. Penciptaan mengerang!

Selama tahun Yobel, umat Allah diundang untuk beristirahat dari pekerjaan biasa mereka dan membiarkan tanah pulih dan bumi memperbaiki dirinya sendiri, karena konsumsi individu lebih sedikit dari biasanya. Hari ini kita perlu menemukan cara hidup yang adil dan berkelanjutan yang dapat memberi Bumi istirahat yang dibutuhkannya, cara yang memuaskan semua orang dengan kecukupan, tanpa merusak ekosistem yang menopang kita.

Dalam beberapa hal, pandemi saat ini telah membuat kita menemukan kembali gaya hidup yang lebih sederhana dan berkelanjutan. Krisis, dalam arti tertentu, telah memberi kita kesempatan untuk mengembangkan cara hidup baru. Kita sudah bisa melihat bagaimana bumi bisa pulih jika kita membiarkannya beristirahat: udara menjadi lebih bersih, air lebih jernih, dan hewan telah kembali ke banyak tempat dari tempat mereka sebelumnya menghilang. Pandemi telah membawa kita ke persimpangan jalan. Kita harus menggunakan momen yang menentukan ini untuk mengakhiri tujuan dan aktivitas kita yang berlebihan dan merusak, dan untuk menumbuhkan nilai, koneksi, dan aktivitas yang memberi kehidupan. Kita harus memeriksa kebiasaan penggunaan energi, konsumsi, transportasi, dan diet kita. Kita harus menghilangkan aspek ekonomi kita yang berlebihan dan merusak, dan memelihara cara yang memberi kehidupan untuk berdagang, memproduksi, dan mengangkut barang.

4. Waktu untuk Mengembalikan

Jubileum adalah waktu untuk memulihkan harmoni asli ciptaan dan menyembuhkan hubungan antarmanusia yang tegang.

Itu mengundang kita untuk membangun kembali hubungan sosial yang adil, memulihkan kebebasan dan barang-barang mereka untuk semua dan saling memaafkan hutang. Kita tidak boleh melupakan eksploitasi historis Selatan global yang telah menciptakan hutang ekologis yang sangat besar, terutama karena penjarahan sumber daya dan penggunaan ruang lingkungan bersama yang berlebihan untuk pembuangan limbah. Ini adalah waktu untuk keadilan restoratif. Dalam konteks ini, saya mengulangi seruan saya untuk membatalkan utang negara-negara yang paling rentan, sebagai pengakuan atas dampak parah dari krisis medis, sosial dan ekonomi yang mereka hadapi akibat Covid-19. Kita juga perlu memastikan bahwa paket pemulihan yang sedang dikembangkan dan disebarkan di tingkat global, regional dan nasional harus menjadi paket regenerasi. Kebijakan, undang-undang dan investasi harus difokuskan pada kebaikan bersama dan menjamin bahwa tujuan sosial dan lingkungan global terpenuhi.

Kita juga perlu memulihkan lahan. Pemulihan iklim adalah yang paling penting, karena kita berada di tengah keadaan darurat iklim. Kita telah kehabisan waktu, seperti yang diingatkan oleh anak-anak dan remaja kita. Kita perlu melakukan segalanya dalam kapasitas kita untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata global di bawah ambang batas 1,5°C yang diabadikan dalam Perjanjian Iklim Paris, karena melampaui itu akan terbukti membawa bencana, terutama bagi komunitas miskin di seluruh dunia. Kita perlu membela solidaritas intra-generasi dan antargenerasi pada saat kritis ini. Saya mengundang semua negara untuk mengadopsi target nasional yang lebih ambisius untuk mengurangi emisi, dalam persiapan untuk KTT Iklim yang penting (COP 26) di Glasgow di Inggris Raya.

Restorasi keanekaragaman hayati juga sangat penting dalam konteks hilangnya spesies dan degradasi ekosistem yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kita perlu mendukung seruan PBB untuk melindungi 30% bumi sebagai habitat yang dilindungi pada tahun 2030 untuk membendung tingkat kepunahan keanekaragaman hayati yang mengkhawatirkan. Saya menghimbau komunitas internasional untuk bekerja sama untuk menjamin bahwa Summit on Biodiversity (COP 15) di Kunming, China menjadi titik balik dalam memulihkan bumi menjadi rumah kehidupan yang berkelimpahan, seperti dikehendaki oleh Sang Pencipta.

Kita harus memulihkan dengan mempertimbangkan keadilan, memastikan bahwa mereka yang telah tinggal di tanah selama beberapa generasi dapat memperoleh kembali kendali atas penggunaannya. Masyarakat adat harus dilindungi dari perusahaan, terutama perusahaan multinasional, yang “beroperasi di negara kurang berkembang dengan cara yang tidak pernah dapat mereka lakukan di rumah” (LS, 51), melalui ekstraksi yang merusak bahan bakar fosil, mineral, kayu dan produk agroindustri. Pelanggaran korporasi ini adalah “versi baru kolonialisme” (SAINT JOHN PAUL II, Address to the Pontifical Academy of Social Sciences, 27 April 2001, dikutip dalam Querida Amazonia, 14), tindakan yang secara memalukan mengeksploitasi negara dan komunitas yang lebih miskin dengan putus asa mencari pembangunan ekonomi . Kita perlu memperkuat undang-undang nasional dan internasional untuk mengatur kegiatan perusahaan ekstraktif dan memastikan akses keadilan bagi mereka yang terkena dampak.

5. Waktu untuk Bersukacita

Dalam tradisi alkitabiah, Jubileum adalah acara yang menggembirakan, diresmikan dengan seru tiupan terompet yang bergema di seluruh negeri. Kita sadar bahwa tangisan bumi dan orang miskin menjadi semakin keras dan menyakitkan dalam beberapa tahun terakhir. Pada saat yang sama, kita juga menyaksikan bagaimana Roh Kudus menginspirasi individu dan komunitas di seluruh dunia untuk bersama-sama membangun kembali rumah kita bersama dan membela yang paling rentan di tengah-tengah kita. Kita melihat secara bertahap kemunculan mobilisasi besar-besaran orang-orang dari bawah dan dari pinggiran yang dengan murah hati bekerja untuk melindungi tanah dan orang-orang miskin. Kita bersuka cita melihat bagaimana kaum muda dan komunitas, khususnya komunitas adat, berada di garis depan dalam menanggapi krisis ekologi. Mereka menyerukan Jubileum bagi bumi dan awal yang baru, menyadari bahwa “segalanya dapat berubah” (LS, 13).

Kita juga bersukacita melihat bagaimana Tahun Peringatan Khusus Laudato Si’ menginspirasi banyak inisiatif di tingkat lokal dan global untuk merawat rumah kita bersama dan orang miskin. Tahun ini harus mengarah pada rencana aksi jangka panjang untuk mempraktikkan ekologi integral di keluarga kita, paroki dan keuskupan, ordo religius, sekolah dan universitas kita, perawatan kesehatan, institusi bisnis dan pertanian kita, dan banyak lainnya juga.

Kita juga bersukacita karena komunitas agama bersatu untuk menciptakan dunia yang lebih adil, damai, dan berkelanjutan. Kita sangat senang bahwa Musim Penciptaan benar-benar menjadi prakarsa oikumenis. Mari kita terus bertumbuh dalam kesadaran bahwa kita semua tinggal serumah sebagai anggota satu keluarga.

Marilah kita semua bersukacita bahwa Pencipta kita yang penuh kasih menopang upaya kerendahan hati kita untuk memelihara bumi, yang juga merupakan rumah Allah di mana Firman-Nya “menjadi manusia dan hidup di antara kita” (Yoh 1:14) dan yang terus-menerus diperbarui dengan pencurahan Roh Kudus.

“Kirimkan Roh-Mu, ya Tuhan, dan perbarui wajah bumi” (lih. Mzm 104: 30).

Roma, Santo Yohanes Lateran, 1 September 2020








^:^ : IP 9.9.7.1 : 2 ms   
BROTHERS FIC
 © 2024  http://brothers-fic.org//