GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Monday, February 26 2024  - 1 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



09.02.2024 15:48:49 192x read.
INDONESIA
Berita Provinsi Indonesia (sebagian, February 2024)

Allah adalah kasih, marilah kita mewartakan kasih Allah. Sebagaimana dialami oleh Mgr. Ludovicus Rutten dan Br. Bernardus Hoecken, semoga kita semakin mengalami hidup dalam penyelenggaraan Ilahi dan perlindungan Bunda Maria. 

Kita memasuki bulan Februari 2024. Ada banyak peristiwa penting di bulan Februari 2024 yaitu Pemilu dan mulai memasuki masa Prapaskah. Yang menarik penyelenggaraan Pemilu untuk memilih Presiden-Wakil Presiden serta Wakil Rakyat di legislatif waktunya berbarengan dengan hari Rabu Abu, saat dimulainya masa prapaskah di tahun 2024 ini.

Maka bagi kita masa prapaskah tahun ini terasa sangat istimewa. Masa prapaskah adalah masa yang dikhususkan oleh Gereja Katolik bagi umatnya untuk mempersiapkan diri menyambut anugerah daya kebangkitan pada perayaan paskah. Umat katolik mengisi masa prapaskah dengan laku rohani dalam puasa, pantang, dan aneka olah batin yang lain. 

Diharapkan dengan laku rohani itu mutu hidup seseorang menjadi lebih baik, karakter-karakter unggul sebagai manusia maupun orang beriman semakin tumbuh dan berkembang. Karakter-karakter unggul itu seperti empati, kesediaan hati untuk terlibat dalam mengupayakan kesejahteraan hidup bersama, juga semakin kuatnya iman-harapan-kasih.

Karakter-karakter unggul sebagai manusia maupun sebagai umat beriman sangat penting bagi hidup kita sebagai bangsa yang punya gawe Pemilu. Kita tahu, sejak dimulainya proses pemilihan calon presiden-wakil presiden, kehidupan sosial politik di negeri ini penuh dengan drama kehidupan yang seringkali mengabaikan etika dan asas kepatutan. Banyak orang dibutakan oleh intensi diri sendiri. Maka sesungguhnya keriuhan kehidupan sosial politik di negeri kita sedang ditingkahi oleh orang-orang kerdil peradaban dan martabat.

 

Masa prapaskah di tahun ini seperti menciptakan ruang dan waktu untuk semakin merenungkan hakikat diri kita masing-masing sebagai manusia maupun sebagai orang beriman kristiani. Kita semua dipanggil untuk ikut serta menghadirkan Kerajaan Allah. Dalam kehidupan bangsa kita yang berkabutkan perilaku egoisme ini kita dipanggil untuk minimal tidak menambah kabut dan kelamnya kehidupan bersama sebagai bangsa.

Terhadap realitas kehidupan iman dan berbangsa hari-hari ini, kita semua mempunyai beragam informasi, penalaran, dan persepsi. Atas dasar itu kita mempunyai pilihan sikap dan tindakan. Semoga apapun yang kita tentukan dalam hal menyerap informasi, menalar realitas, membangun persepsi, dan menentukan tindakan tetap mendasarkan pada hakikat kita sebagai pribadi yang bermartabat yang mengintensikan hidupnya demi memeroleh keselamatan jiwa. Maka, seperti nasihat Yesus, hendaklah kita cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

Para Bruder dan Frater, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi tentang kehidupan para Bruder dan Frater serta informasi penting lain di Provinsi Indonesia sampai pada awal Februari 2024 ini:

 

  1. 1.     Hari Provinsi 2024

Salah satu tradisi baik dalam kongregasi kita adalah diselenggarakannya Hari Provinsi di setiap tahun. Dasar penyelenggaraan Hari Provinsi dirujukkan Statuta Provinsi artikel 10 yang menyatakan, “Sekurang-kurangnya sekali setahun, Dewan Provinsi mengadakan musyawarah terbuka dengan para bruder, untuk meningkatkan kesatuan, kemajuan, dan perkembangan provinsi.”

Pada Konstitusi artikel 41 tentang Pembicaraan, Kontak, dan Musyawarah dikatakan, “Pembicaraan, kontak timbal balik, dan musyawarah secara terbuka,..diperlukan bagi kesatuan, pembangunan, dan berfungsinya kongregasi kita. …pembicaraan kita hendaknya ditandai dengan rasa hormat seorang terhadap yang lain.”  

Penyelenggaraan Hari Provinsi adalah upaya kita untuk secara bersama-bersama menyadari gerak langkah kehidupan berkongregasi. Dengan mengikuti Hari Provinsi diharapkan setiap bruder dan frater bisa ikut menjaga dan memelihara kehidupan kongregasi kita.  

Pada Hari Provinsi 2024 ini para bruder dan frater diajak untuk:

  1. Melihat perwujudan program dan perjalanan hidup bakti di tahun 2023
  2. Melihat program Provinsi Indonesia untuk tahun 2024.
  3. Mengupayakan dialog untuk memajukan hidup sesuai pesan dan rekomendasi Kapitel FIC Provinsi Indonesia dan Kapitel Umum 2018.
  4. Membangun pemahaman yang utuh dan sehat tentang Provinsi Indonesia, sehingga masing-masing bruder/frater bisa ikut terlibat dalam merawat dan mengelola kehidupan di Provinsi Indonesia. 

Tahun ini Hari Provinsi diselenggarakan pada:

  1. 27 Januari 2024 di Klaten
  2. 28 Januari 2024 di Muntilan
  3. 3 Februari 2024 di Semarang
  4. 4 Februari 2024 di Jakarta
  5. 5 Februari 2024 di Sukaraja
  6. 9 – 10 Februari di Kalimantan

Untuk komunitas di Timor Leste penyelenggaraan Hari Provinsi akan dilakukan bersamaan dengan agenda Visitasi Kanonik oleh Bruder Pemimpin Provinsi.

Kita bersyukur para bruder dan frater hadir dan terlibat dalam kegiatan Hari Provinsi. Kita berharap informasi dan interaksi yang terjadi dalam Hari Provinsi menolong kita untuk semakin memahami kehidupan di Provinsi Indonesia. Selanjutnya kita berharap masing-masing dari kita ikut mengambil peran aktif dalam pengelolaan kongregasi.








^:^ : IP 9.9.7.1 : 2 ms   
BROTHERS FIC
 © 2024  http://brothers-fic.org//