GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Sunday, April 14 2024  - 1 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



18.03.2024 19:11:31 208x read.
INDONESIA
Berita Provinsi Indonesia (Maret 2024)

Berita Provinsi Indonesia (Maret 2024)

 

Allah adalah kasih, marilah kita mewartakan kasih Allah. Sebagaimana dialami oleh Mgr. Ludovicus Rutten dan Br. Bernardus Hoecken, semoga kita semakin mengalami hidup dalam penyelenggaraan Ilahi dan perlindungan Bunda Maria.

Kita memasuki bulan Maret 2024. Salah satu agenda penting di bulan Maret 2024 adalah Kapitel FIC Provinsi Indonesia 2024 sesi pertama. Kapitel adalah kekuasaan tertinggi dalam tatakelola kehidupan Kongregasi kita. Rujukan konstitutifnya bisa kita temukan pada Konstitusi 118 (Kapitel Umum) yang mengungkapkan, “Kapitel Umum mempunyai kekuasaan tertinggi dalam kongregasi. Kapitel Umum mewakili kongregasi secara keseluruhan selama bersidang, dan memegang kepemimpinan kongregasi secara istimewa, tanpa mengurangi apa pun kepemimpinan biasa Dewan Umum. Pemimpin Umum menjadi ketua Kapitel Umum.”

Dalam tingkat provinsi, Kapitel Provinsi merupakan kekuasaan tertinggi dalam tatakelola kehidupan suatu provinsi. Merujuk pada Konstitusi 119 tentang tugas Kapitel Umum, maka dalam konteks provinsi Kapitel Provinsi juga bertugas memelihara warisan kongregasi agar tetap hidup, serta memajukan pembaruan yang tepat. Dalam Kapitel FIC Provinsi Indonesia juga dibicarakan tentang aneka hal agar Kongregasi, khususnya Provinsi Indonesia dapat terus memberikan pelayanan akan kebutuhan spiritual dan materiel kongregasi, dan membuat peraturan-peraturan yang mengikat seluruh kongregasi di Provinsi Indonesia.

Untuk kepentingan prinsip itulah maka kapitel perlu diusahakan dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Telah beberapa bulan di tahun 2023 kita berusaha mempersiapkan kapitel kita. Semua bruder dan frater terlibat aktif dalam mempersiapkan kapitel ini. Kesungguhan kita untuk terlibat aktif mempersiapkan kapitel adalah salah satu wujud komitmen kita untuk merawat keberlangsungan kehidupan kongregasi kita. Dengan cara seperti ini pula sebenarnya kita juga sedang menciptakan ruang tumbuh dan berkembang bagi diri kita masing-masing agar tetap bisa menjadikan kehidupan di kongregasi ini sebagai suatu penziarahan jiwa.

Kita bersyukur karena begitu banyak bruder dengan serius mempersiapkan Kapitel FIC Provinsi Indonesia sesi pertama ini. Mereka mempersiapkan segala kelengkapan yang dibutuhkan, mulai dari tempat persidangan dan akomodasinya, kesekretariatan, liturgi, dan pasti laporan-laporan pertanggungjawaban pelaksanaan Pesan dan Rekomendasi KPI 2018, baik oleh Dewan Provinsi maupun lembaga pembantunya. Semua dipersiapkan seoptimal mungkin agar kapitel bisa menjadi kesempatan untuk memahami dengan sebaik mungkin realitas kehidupan FIC di Provinsi Indonesia.

Maka kita pantas bersyukur atas kesediaan begitu banyak bruder untuk terlibat dalam kapitel kita. Kesediaan mereka adalah wujud pemberian diri untuk ikut merawat keberlanjutan hidup kita sebagai Kongregasi. Tentu, keterlibatan semua bruder dan frater dengan doa-doanya selama proses kapitel memberi andil yang istimewa bagi penyelenggaraan kapitel. Sebab, ketika kita menyadari bahwa Kongregasi ini lahir atas kehendak dan rencana Allah, maka hanya dengan membuka diri seluas-luasnya bagi pertolongan Allah sajalah akan didapatkan buah-buah kapitel yang kita butuhkan untuk melanjutkan kehidupan Kongregasi kita di zaman yang terus berubah ini. 

Para Bruder dan Frater, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi tentang kehidupan para Bruder dan Frater serta informasi penting lain di Provinsi Indonesia sampai pada awal Maret 2024 ini:

  1. 1.     Pertemuan Bruder medior balita

Pada hari Selasa – Kamis, tanggal 27 – 29 Februari 2024 diselenggarakan Pertemuan Bruder Medior Balita di RK. Roncalli Salatiga. Pertemuan ini dikoordinir oleh Tim Pemitraan Bruder Medior dan Senior.

Para bruder yang hadir dalam pertemuan ini adalah Br. Agustinus Marsanto, Br. Romanus Paryanto, Br. Andreas Eko Susanto, Br. Yohanes Albert Pratama, Br. Robertus Ari Yunanto, Br. Antonius Teguh Nugroho, Br. Laurensius Baharu, dan Br. Ignatius Andri Pratama. Dua bruder lain yang tidak bisa hadir adalah Br. Yohanes Sarwono yang tinggal di Komunitas Tanjung dan Br. Jose Maria de Araujo Barreiro yang tinggal di Komunitas Ainaro, Timor Leste.

Br. Petrus Anjar dan Br. Michael Sidharta selaku anggota TPBMS mendampingi pertemuan itu. Para bruder medior balita diajak untuk kembali mengenali diri setelah pengucapan prasetia seumur hidupnya. Selanjutnya berbekal dokumen Karunia Kesetiaan Anugerah Ketekunan (Dokumen KWI No. 127 – khususnya artikel 1-22) para bruder diajak untuk semakin mengenali hal-hal yang prinsip dalam hidup religius di masa kini. Dinamika pertemuan dirancang dalam pemberian materi secara singkat dan dilanjutkan berbagi pengalaman. Para bruder mengikuti pertemuan ini dengan baik. Semoga pertemuan-pertemuan seperti ini memberi manfaat bagi para bruder untuk semakin mampu merawat hidupnya sebagai religius bruder FIC.

  1. 2.     Kapitel FIC Provinsi Indonesia tahap I

Kapitel FIC Provinsi Indonesia (KPI) 2024 tahap I telah terselenggara pada tanggal 5 – 8 Maret 2024 di RK. Roncalli, Salatiga. Semua anggota KPI 2024 hadir dalam persidangan tersebut.

Kapitel dibuka dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Agung Semarang, yaitu RD. YR. Edy Purwanto, Pr. Dalam homili, salah satu harapan yang diungkapan Rm. Edy adalah agar kapitel menjadi kesempatan untuk bersama-sama menegaskan kehendak Roh bagi keberlanjutan pengelolaan Kongregasi FIC khususnya di Indonesia. Moderator KPI 2024 adalah RP. Ignatius Budiono, OCarm.

Hari kedua kapitel (Rabu, 6 Maret 2024) dimanfaatkan untuk mendapatkan input dan inspirasi bagi para kapitulan. Untuk itu dihadirkan RP. Dr. Setyo Wibawa, SJ dan Bpk. Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko M.Sc. Dalam presentasinya RP. Dr. Setyo Wibawa, SJ mengajak para bruder untuk kembali menyadari hakikat panggilan hidup sebagai bruder dan prinsip-prinsip penyelenggaraan kerasulan pendidikan di zaman ini. Sementara Bpk. Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko M.Sc menawarkan gagasan keberlanjutan kepemimpinan kerasulan pendidikan dalam konteks kehidupan para bruder dan kerasulannya saat ini dan di masa datang. Masukan-masukan itu kaya dan menginspirasi.

Pada hari ketiga, Kamis, 7 Maret 2024 para kapitulan mulai mengikuti Laporan Pertanggungjawaban Dewan Provinsi Indonesia 2018-2024 dalam melaksanakan Pesan dan Rekomendasi KPI 2018. Kegiatan hari itu begitu padat, karena bahan yang harus dipresentasikan juga begitu banyak. Pada petang dan malam sesudah makan malam, para kapitulan masih harus mengikuti laporan pertanggungjawaban Ekonom Provinsi dalam mengelola keuangan dan asset Provinsi Indonesia. Maka Br. Yohanes Triwuryanto selaku Ekonom Provinsi Indonesia hadir pada sidang kapitel. Bahan-bahan yang disajikan pada Kapitel sesi I ini masih akan didalami pada sesi II. Dewan Provinsi juga masih perlu melakukan koreksi dan pembetulan laporan agar selanjutnya laporan ini bisa menjadi sumber catatan sejarah perjalanan Kongregasi FIC di Indonesia pada rentang waktu 2018-2024.

Pada hari terakhir KPI 2024 sesi I dilakukan pemilihan utusan ke Kapitel Umum 2024 dan laporan Tim Pengolah Usulan KPI 2024. Br. Andrias Purwanto sebagai anggota Tim Pengolah Usulan KPI 2024 membacakan dan menjelaskan proses kerja dan rumusan akhir dari usulan-usulan yang telah diolah. Hasil kerja tim ini sangat menolong peserta sidang untuk pembicaraan di sesi KPI 2024 selanjutnya.

Kita bersyukur bahwa secara keseluruhan KPI 2024 Sesi I ini berjalan dengan lancar sesuai dengan agenda. Meski demikian disadari bahwa dinamika persidangan selanjutnya perlu diolah lagi agar para kapitulan memiliki cukup waktu untuk mengolah, merefleksikan, dan memahami dengan baik hal-hal yang dibahas dalam persidangan kapitel.

  1. 3.     Br. Michael Poedyartana menghadap Bapa 

Hari Kamis, 29 Februari 2024, Br. Michael Poedyartana yang lebih akrab dipanggil Bruder Mic, menjalani perawatan di RS. Dharmais Jakarta. Beliau diantar oleh Br. Albertus Slamet. Terapi yang dijalani adalah penyinaran untuk mengendalikan sel kanker pada prostat dan pinggul, juga pada paru-paru.

Kira-kira pkl. 14.30 Br. Albertus Slamet mengabarkan kepada Br. Sidharta bahwa Br. Mic yang sedang menjalani penyinaran di dada tiba-tiba kondisinya menurun. Dokter dan perawat segera memberi pertolongan darurat. Ternyata, hari itu adalah hari terakhir penziarahan hidup Br. Mic. Pada pkl.14.48 Allah Bapa memanggil Br. Mic untuk kembali ke rumah Bapa.

Br. Mic ialah putra almarhum Bapak FJ. Darmomargana  dan Ibu Sumilah. Ia anak kedua dari 10 bersaudara. Kakaknya Rm. Darmawijaya, Pr. Setelah tamat dari SGB Muntilan tahun 1956, Michael Poedyartana muda bergabung dalam Kongregasi Bruder FIC. Ia memulai masa novisiat pada tanggal 1 Juli 1957. Prasetia pertama diucapkan pada tanggal 2 Juli 1958. Br. Mic mengucapkan prasetia seumur hidup pada tanggal 2 Juli 1963.

Br. Mic menjalani hidup berkomunitas dan tugas kerasulan di banyak tempat, yaitu di Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Ambarawa, Klaten, dan terakhir di Jakarta.

Sebagian besar waktu Br. Mic dijalani di Jakarta. Tugas kerasulannya sebagai Kepala Sekolah di SMA PL Jakarta di Brawijaya dan di redaksi Majalah Hidup.

Setelah selesai pengabdiannya di Majalah Hidup, Br. Mic menjalani hari-harinya di Komunitas FIC Immaculatae, Jakarta Selatan. Tidak ada tugas tetap yang mengikatnya, namun Br. Mic masih sering diminta memberi pendampingan berbagai kelompok dengan enneagram-nya.

Br. Mic termasuk orang yang disiplin dalam merawat kesehatannya. Untuk menjaga kesehatannya, ia mampu menjaga batas dalam mengonsumsi makanan. Ia tertib memeriksakan kesehatannya, dan setia mengonsumsi obat-obat yang diberikan oleh dokter.

Kesehatannya mulai menurun ia sejak mengalami gangguan dengan prostatnya. Pada Desember 2021 Br. Mic menjalani operasi prostat di Rumah Sakit St. Carolus Jakarta. Saat diperiksa jaringan prostatnya, memang ditemukan sel kanker jinak. Maka sejak itu Br. Mic menjalani terapi kanker di RS. Dharmais Jakarta. Agaknya sel kanker it uterus berkembang hingga mulai menyebar ke tulang pinggul dan akhirnya ke paru-paru.

Kita mengenal Br. Mic sebagai orang yang bersemangat. Meski demikian perasaannya halus. Ia juga termasuk orang yang memerhatikan aspek kapantasan dan kepatutan atau unggah-ungguh. Hidupnya mendalam karena ia tekun dengan hidup berdoa dan berefleksi. Br. Mic adalah contoh seorang religius bruder yang aktif  dan memiliki kemendalaman hidup, karena tekun mengontemplasikan hidupnya di hadapan Allah dalam doa-doanya.

Penghormatan dan doa-doa bagi Br. Mic dilakukan di Komunitas Hj. Nawi Jakarta dan di Muntilan. Pada Kamis malam, sebelum jenazah dibawa ke Muntilan, diadakan perayaan ekaristi di Komunitas Hj. Nawi. Banyak guru, kenalan, dan mantan murid Br. Mic hadir pada perayaan itu. Kira-kira pkl.22.30 jenazah Br. Mic diberangkatkan ke Muntilan.

Jumat, tanggal 1 Maret 2024, pkl.05.50 jenazah Br. Mic telah tiba di Kapel SMA PL Van Lith Muntilan. Pemberkatan jenazah dan Ekaristi Requiem dilaksanakan pada pkl.10.00. Setelah ekaristi Requiem dilanjutkan pemakaman di pemakaman para bruder, di kompleks Novisiat Kanonik. Selamat jalan Br. Mic. Doakan kami selalu.

  1. 4.     Br. Kuncoro mengikuti Kursus Medior

Pada tanggal 11 Maret sampai 19 Mei 2024 Br. Yusup Kuncoro Bowo Susilo akan mengikuti Kursus Medior di Rumah Khalwat ROncalli Salatiga. Telah cukup lama Br. Kuncoro tidak mengalami program penyegaran hidup religius. Bertahun-tahun ia melaksanakan misi di Timor Leste dengan segala kesulitan dan tantangannya.

 

Kita berharap kesempatan mengikuti Kursus Medior ini memberi banyak manfaat. Pertama-tama untuk kehidupan pribadi Br. Kuncoro. Kebetulan juga pada tahun ini Br. Kuncoro akan merayakan 25 tahun hidup sebagai bruder FIC. Semoga semua kegiatan Kursus Medior dapat diikuti oleh Br. Kuncoro dengan baik. Semoga banyak inspirasi dan kesegaran hidup diperoleh oleh Br. Kuncoro selama mengikuti kursus ini.

  1. 5.     Stage II novis lanjutan

Mulai pertengahan bulan Februari 2024 para frater Novisiat Lanjutan telah memulai stage II mereka. Pada tahun ini, para frater diberi kesempatan menjalani masa stage di tempat-tempat pendampingan orang dengan kebutuhan khusus dan di rumah perawatan lanjut usia. Dengan mengalami model stage ini dimaksudkan agar para frater memiliki kesempatan yang cukup untuk menguatkan karakter empati, kerendahan hati, kasih yang sehat pada diri sendiri dan kehidupan, serta menguatkan iman kepada Allah yang adalah kasih.

Berikut ini waktu dan tempat stage II para frater novis II kita:

  1. Fr. Yakobus Aditya dan Fr. Denis Lopes de Arraujo; di Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih Semarang pada tanggal 15 Februari – 15 Maret 2024. Selanjutnya pada tanggal 15 Maret – 15 April 2024 pindah ke Panti Wredha Rindang Asih III Boja Kendal.
  2. Fr. Yohanes Zendy dan Fr. Jaimito Tan Tuames; pada tanggal 15 Februari – 15 Maret 2024 di Panti Wredha Rindang Asih III Boja Kendal. Selanjutnya pada tanggal 15 Maret – 15 April 2024 pindah ke Panti Asuhan Cacat Ganda Bhakti Asih Semarang.
  3. Fr. Gembira Fransiskus Simbolon pada tanggal 16 Februari – 5 Maret 2024 di SLB G-AB Helen Keller Indonesia Yogyakarta; dan Fr. Gregorius Yoan Danu Tama pada tanggal 16 Februari – 5 Maret 2024 di SLB G-AB Helen Keller Indonesia Sedayu. Pada tanggal 5 – 24 Maret Fr. Gembira dan Fr. Gregorius akan bertukar tempat stage. Selanjutnya tanggal 25 Maret – 15 April 2024 Fr. Gembira dan Fr. Gregorius melanjutkan stagenya di Panti Cacat Ganda Bhakti Luhur ALMA.

Semoga para frater mendapatkan banyak manfaat dari stage mereka.

  1. 6.     Temu formator Muperkas

Pada Jumat – Minggu, tanggal 8 – 10 Maret 2024, Musyawarah Pemimpin Religius Keuskupan Agung Semarang (MUPERKAS) menyelenggarakan rekoleksi dan temu formator bina awal dengan Bapak Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Pr. Rekoleksi ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan kerja sama antar para formator bina awal dalam mendampingi para calon/formandi di tengah situasi zaman saat ini.

Rekoleksi ini dilaksanakan di Rumah Retret Griya Paseban, Jl. Pamularsih, Semarang. Dari FIC mengutus para formator bina awal yaitu Br. Petrus I Wayan Parsa, Br. Robertus Kuncoro, dan Br. Agustinus Parno. Semoga para formator mendapatkan banyak inspirasi dari rekoleksi ini.

  1. 7.     Br. Ignatius Dalimin menjalani perawatan lanjutan

Pada hari Rabu, 21 Februari 2024, Br. Ignatius Dalimin menjalani rawat inap di RS. Elisabeth. Program perawatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti temuan dari pemeriksaan kesehatannya di RSUP. dr. Kariadi Semarang. Di RS. Elisabeth, Br. Ignatius Dalimin dirawat di Ruang Yosef kamar 8.

Kondisi yang dialami oleh Br. Ignatius adalah nilai haemoglobine darah yang cenderung turun dan kaki yang cenderung bengkak, hingga membuat kurangnya kemampuan beraktivitas jalan kaki. Pemeriksaan terhadap organ jantung dan ginjal menunjukkan kondisi yang baik.

Pada hari Senin, 26 Februari 2024 Br. Ignatius sudah bisa meninggalkan rumah sakit. Selanjutnya beliau istirahat di Wisma Bernardus selama beberapa hari sebelum akhirnya kembali ke Komunitas Surakarta. Semoga kondisi kesehatan Br. Ignatius terus membaik.

  1. 8.     Ibu Kromoharjo menghadap Allah

Pada hari Jumat, 16 Februari 2024 Allah memanggil pulang ibu Kromoharjo pada usia 103 tahun. Ibu Kromoharjo adalah kakak dari Br. Herman Yosef Sagiman. Almarhum tinggal di Ngemplak, Kec. Tempel, Kab. Sleman.

Pemakaman dilakukan pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 pkl.13.00 di Ngemplak, Sumberejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman. Semoga ibu Kromoharjo mengalami kebahagiaan surgawi.

  1. 9.    Bp. Vinsentius Sarpana menghadap Allah.

Pada hari Selasa, 27 Februari 2024 Allah memanggil Bpk. Vinsentius Sarpana pada usia 64 tahun. Almarhum adalah kakak dari Br. Edmondus Sukapdi.

Almarhum menghadap Allah pada pkl. 23.38 WIB saat menjalani perawatan di RSUD Tidar Magelang. Upacara pemberkatan jenazah dilakukan pada hari Rabu, 28 Februari 2024 di rumah duka di dusun Semen, Muntilan. Semoga almarhum mendapat karunia kebahagiaan surga.

  1. 10.  Ibu Manis menghadap Bapa

Pada hari Kamis 29 Februari 2024, pkl. 19.00, Allah Bapa juga memanggil ibu Manis - ibunda dari Br. Paulinus. Almarhum tinggal di Dusun Sentibak, Desa Setiajaya, Kecamatan Teriak, Kalimantan Barat. Usia almarhum saat menghadap Allah Bapa adalah 63 tahun.

Berita berpulangnya ibu Manis tentu mengejutkan para bruder. Sebab pada tanggal 28 November 2023, Bpk. Otoh - ayah dari Br. Paulinus juga menghadap Allah di surga. Tentu kenyataan ini bisa menjadi pengalaman yang tidak mudah bagi Br. Paulinus.

Malam Kamis itu juga Br. Paulinus segera kembali ke kampungnya. Tengah malam Br. Paulinus telah sampai di kampungnya. Pemakaman dilaksanakan pada keesokan hari. Semoga Almarhum mengalami kebahagiaan abadi di surga. Semoga Br. Paulinus dan keluarga dilimpahi rahmat-rahmat yang dibutuhkan untuk melanjutkan hidup sehari-hari.

Para Bruder dan Frater yang terkasih, demikian Surat Edaran kami pada bulan Maret 2024. Marilah kita tetap menjaga kesehatan pribadi maupun dalam komunitas. Berkah Dalem.

 

                                             

 

 








^:^ : IP 9.9.7.1 : 2 ms   
BROTHERS FIC
 © 2024  http://brothers-fic.org//