GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Friday, March 29 2024  - 1 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



07.07.2017 17:03:57 1143x read.
NEWS
Buku-Buku karangan Theo Riyanto, FIC (Maastricht, 2013-2017)

Buku-buku karya Theo Riyanto, FIC

(Maastricht, 2013 – 2017)

1. Sehat ala Enneagram, Bangkit dari Kerapuhan

Buku ini mengajak kita menyegarkan kembali tipe kepribadian, dan dengan sederhana memberikan tawaran tindakan lanjut untuk memperbaiki “kerapuhan” kepribadian kita secara psikologis dan rohani. Selain itu, juga memberikan anjuran-anjuran praktis yang dapat dipraktikan dengan cepat dalam kehidupan sehari-hari, langsung sesuai dengan kerapuhan masing-masing tipe kepribadian. Bagi kita yang hidup dalam kesibukan sehari-hari, kita dapat mempraktikan anjuran praktis tersebut satu per satu atau tahap demi tahap.

 

2. Relasi & Intimasi, Meningkatkan Energi Kasih

 

 

Buku ini menyajikan tentang komunikasi, relasi, dan intimasi secara sederhana dan praktis. Disajikan juga cara mengatasi persoalan-persoalan yang berkait dengan berelasi dan berintimasi. Teknik-teknik berkomunikasi, berelasi, dan berintimasi disajikan secara sederhana, dengan harapan para pembaca dapat memahaminya dengan cepat dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Para pembaca yang sedang mengalami permasalahan berelasi dan berintimasi juga dapat menerapkannya dengan cepat. Semoga buku ini dapat membantu kita semua dalam membangun komunikasi, relasi, dan intimasi dengan baik dan sehat, di tengah gempuran media sosial yang dapat secara tidak sehat mengganggu komunikasi, relasi, dan intimasi manusiawi kita.

 

 

 

3. Kekuatan Maaf, Membangun Kesehatan Spiritual

 

 

 

 

 

Salah satu keutamaan bangsa Indonesia secara tradisional yang mulai pudar penghayatannya adalah semangat mengampuni dan kesediaan meminta maaf. Sekarang ini banyak orang tidak lagi mudah meminta maaf, walaupun menyadari kesalahannya. Egonya terlalu kuat untuk dengan rendah hati meminta maaf. Kecenderungan kita pada umumnya adalah menyalahkan orang lain dan meminta mereka yang meminta maaf. Ketidakmampuan seseorang untuk meminta maaf, akan menyebabkan kehidupannya tidak nyaman, semacam ada bagian dari sistem dalam hidupnya yang tidak berfungsi dengan baik, dan akibatnya akan mengurangi kebahagiaan hidupnya. Salah satu kekuatan meminta maaf adalah membangun kembali kesehatan emosional dan jiwa raga kita. Kemampuan meminta maaf, merupakan faktor penting dalam proses pengampunan. Dan yang paling penting meminta maaf merupakan daya kekuatan yang dapat mengubah diri sendiri, keluarga, dan bahkan masyarakat secara umum.

 

 

 

 

 

4. Satu Cinta 7 Makna

 

 

 

Dalam buku ini dipaparkan secara sederhana apa itu cinta dan maknanya dalam kaitannya dengan relasi cinta. Kemudian satu persatu dibahas secara sederhana tujuh makna cinta dan kaitannya dengan relasi cinta, walau dalam pembahasan disebutkan juga maknanya secara lebih luas dalam kehidupan bersama sebagai manusia. Kita memulai membahas tentang keteguhan hati karena keteguhan hati merupakan hal yang penting untuk menjaga dan memelihara cinta. Kita teguh hati untuk mempertahankan dan memeliharanya karena kita sadar dan tahu akan membawa kepada kebahagiaan bersama. Kemudian kita bahas kesetiaan, karena keteguhan hati perlu dilaksanakan juga dengan penuh kesetiaan. Kita setia kepada orang yang kita cintai tetapi juga kepada pernyataan cinta itu sendiri.

 

 

 

5. Motivasi Dirimu, Gapai Suksesmu

 

Pribadi yang termotivasi pastilah akan menarik bagi orang lain dan menjadi virus motivasi bagi orang lain, terlebih di zaman yang serba kompetetif sekaligus kooperatif ini. Pribadi yang termotivasi juga menyenangkan orang lain karena seperti magnet yang memberikan semangat, peneguhan, kekuatan yang menggerakkan sehingga orang tergerak untuk maju, untuk berubah, untuk sukses, walau harus dengan kerja keras dan ketekunan yang tinggi. Hal lain yang sangat penting juga adalah mengubah bangunan pikiran dan perasaan dari hal-hal yang negatif ke hal-hal yang positif. Pikiran dan perasaan yang lebih positif akan mendorong orang untuk maju dan bersemangat dalam hidup dibandingkan dengan pikiran dan perasaan yang negatif. Jangan ciptakan kerumitan hal-hal yang sederhana dan sederhanakanlah hal-hal yang rumit sehingga semuanya dapat dilalui dengan penuh antusiasme! Buku Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu mengajak para pembaca untuk memotivasi diri sendiri agar dapat mencapai kesuksesan dalam hidup dan tentunya bahagia. Dengan kemampuan memotivasi diri dan menjadikan apa saja yang ada di dalam diri dan yang ada di lingkaran hidup sebagai faktor motivasi dan inspirasi, kekuatan untuk hidup akan menjadi lebih besar dan kuat. Dasar dan sumbernya adalah diri pribadi. Kiat-kiat pribadi untuk memotivasi diri dibahas secara sederhana dan inspiratif agar pembaca dapat mengembangkan sendiri secara kreatif sesuai dengan keadaan masing-masing. Never give up! Be motivated person!

 

 

 

 

6. Meditasi Penyembuhan, Tuntunan Menjadi Manusia Integral dan Seimbang

Peziarahan menuju ke kedalaman diri tidak selalu mudah. Namun, hal ini hendaknya kita lakukan kalau kita ingin menggapai hidup sehat dan seimbang. Di tengah dunia yang karut marut ini, kita perlu membangun diri untuk hidup sehat, seimbang, dan terintegrasi sehingga kita menjadi pribadi yang kokoh, kuat diterjang badai kemajuan teknologi dan “pendewaan” aspek intelektual. Kita sering kurang memberikan perhatian yang cukup terhadap aspek fisik dan dunia alam semesta, juga terhadap aspek emosional. Kita menolak dan menghindari pengalaman-pengalaman kemanusiaan. Kita menjadi terluka. Buku ini membantu Anda untuk berani memproses diri dalam perkembangan hidup, untuk menyembuhkan diri dalam rangka mengembangkan dan menyeimbangkan aspek-aspek keberadaan diri.

 

7. Guru Komunikatif, Pembelajaran Jadi Efektif


 

 

Buku ini lebih memusatkan pemaparan pada pentingnya kemampuan guru dalam berkomunikasi sehingga perilakunya di depan kelas menjadi tepat dan sehat, serta memiliki relasi dan komunikasi dengan para murid yang sehat dan dekat, begitu juga dengan komunitas sekolahnya. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, identitas diri sebagai guru yang “terpanggil” sebagai pengajar dan pendidik yang sehat, keterampilan mengajar-belajar yang komunikatif, relasi dan komunikasi yang efektif, akan dapat menjadikan para murid berhasil dalam belajar secara optimal dan menjadi pribadi yang komunikatif juga. Intinya buku ini mengajak para guru untuk menjadi pribadi yang komunikatif sekaligus menyampaikan pelajaran secara komunikatif juga. Dengan demikian diharapkan semakin sedikit guru yang berperilaku kurang tepat di depan kelas.

 

 

 

 

8. Panggilan Religius Awam “Bruder dan Suster" dan Pemaknaan Terus Menerus

Buku kecil dan sederhana ini sengaja disajikan secara sederhana, tidak terlalu bersifat teologis dan doktrin, namun lebih untuk mengenalkan panggilan awam sebagai bruder dan suster dalam esensinya, dan dengan bahasa yang sederhana. Diharapkan setelah membaca buku ini, para pembaca umum dan khususnya umat Katolik, bahkan termasuk para bruder dan suster sebagai sesama religius awam, semakin mengenal secara benar dan tepat siapakah religius awam bruder dan suster itu. Bagi teman-teman muda khususnya, semakin mengenal dan memahami adanya panggilan secara autentik di dalam Gereja selain menjadi imam atau rama, yaitu dengan menjadi bruder dan suster.

 

9. Menggapai Tuhan dalam Kehidupan Sehari-hari

 

 

 

Di dalam kesibukan sehari-hari, walau dengan banyak kegiatan dan pekerjaan, kita hendaknya mampu meluangkan waktu sejenak untuk tenang, hening, sendiri, menghadap Tuhan. Hendaknya kita mampu mencari dan mengalami Tuhan dalam hidup keseharian

kita, sekaligus juga mampu berdoa harian secara sederhana namun bermakna. Semuanya itu kita lakukan agar kita dapat memaknai hidup keseharian kita, mengisi dengan

hal-hal yang bersifat rohani, yang tidak hanya memuaskan dahaga “duniawi” kita, tetapi terlebih dahaga “rohani” kita.

 

 

 

 

 

10, Rindu Padamu Tuhanku 

Kita sebagai orang beriman, tentu sangat merindukan kasih Tuhan. Tuhan yang mengasihi umat manusia, termasuk diri kita masing-masing, hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kita secara pribadi. Merindukan kasih 8

Tuhan tidak hanya berarti karena kita kekurangan kasih, namun karena kita ingin mengalami kasih-Nya yang tak terbatas, agar kita mengalami kebahagiaan sejati. Kerinduan terhadap kasih Tuhan sudah merupakan anugerah. Oleh karena itu kita juga perlu memohon setiap hari untuk merindukan kasih-Nya. Dan setelah memohon kerinduan kasih-Nya, kita memohon untuk dapat mengalami kasih Tuhan, kemudian menebarkan kasih Tuhan itu kepada sesama di sekitar kita.

 

11. Doa Limpah Berkat

Dari pengalaman berdoa saya, ternyata berdoa itu tidak selalu mudah, pada saat-saat tertentu dan dalam kondisi kehidupan tertentu, saya membutuhkan Roh Kudus sendiri yang berdoa untuk saya. Bahkan seringkali saya hanya duduk diam dan menatap Salib Tuhan atau patung Bunda Maria, “rerasan”, wawan hati sungguh-sungguh dalam hati dan tidak terucapkan. Pada saat-saat tertentu saya juga membutuhkan rumusan tertentu untuk membantu saya berdoa. Beberapa rumusan doa dan teks Kitab Suci membantu saya dalam berdoa dan sekaligus menjalani hidup yang terkadang tidak mudah ini.

Dalam buku kecil dan sederhana ini saya menyuguhkan rumusan doa singkat yang dapat dipergunakan kapan saja dan di mana saja, sesuai dengan tema yang dibutuhkan. Buku doa ini terdiri dari tiga kelompok doa yang menyangkut “Kemuridan”, “Iman Kepercayaan”, dan “Meneladan” Tuhan Yesus Kristus. Sistematikanya sederhana, mulai dari teks Kitab Suci yang sesuai dengan tema, kemudian renungan singkat dan rumusan doa.

Semoga buku ini berguna dan membantu kita semua untuk semakin mengimani Tuhan Yesus Kristus, dan semakin berani menjalani kehidupan ini sesuai dengan kehendakNya.

 

12. Bersyukur itu Indah (segera terbit 2017)

 








^:^ : IP 9.9.7.1 : 1 ms   
BROTHERS FIC
 © 2024  http://brothers-fic.org//