GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Monday, December 16 2019  - 8 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



24.01.2019 00:59:51 1346x read.
INDONESIA
News from Indonesia Province (January 2019).

Salam kasih persaudaraan,

       Para Bruder dan Frater, kita bersyukur karena telah melalui tahun 2018. Salah satu hal yang kita syukuri adalah kita telah melalui perayaan Kapitel, baik Kapitel Umum maupun Kapitel Provinsi Indonesia dengan baik. Sebagai sebuah perayaan, dalam dinamika Kapitel dirayakan karya Allah dalam Kongregasi maupun Provinsi Indonesia.

       Pada sidang-sidang Kapitel itu para kapitulan berusaha merefleksikan perjalanan hidup kita sebagai Kongregasi dan Provinsi Indonesia. Para kapitulan menemukan bahwa Allah bekerja untuk Kongregasi kita. Selanjutnya para kapitulan juga berusaha merefleksikan apa yang Allah kehendaki untuk selanjutnya dihidupi oleh para Bruder dan Frater dalam Kongregasi FIC ini. Begitulah dinamika Kapitel kita menjadi sebuah perayaan karya Allah atas Kongregasi kita.

(Dewan Provinsi, ki-ka: Michael Sidarta, Anton Karyadi, Frans Dwiyatno, Yoh. Purwanto, Hans Gendut)       

Kini kita telah memasuki tahun 2019. Kita berharap pada tahun ini juga dapat kita jalani sebagai suatu perayaan karya Allah dalam hidup berkongregasi kita. Semoga kita semakin dimampukan untuk menjalani hidup yang diakarkan pada kasih Allah. Dalam keyakinan bahwa Allah senantiasa menyelenggarakan kehidupan ini, serta kesadaran hidup dalam kasih Allah itu, kita berharap akan selalu menemukan harapan. Pada akhirnya kita boleh berharap akan dimampukan pula untuk melakukan tindakan kasih.

       Berikut ini kami sampaikan beberapa peristiwa kongregasi yang terjadi di Provinsi Indonesia, serta beberapa hal yang terkait dengan para bruder kita:

 

  1. 1.  Pendalaman dan Retret Gelombang IV

    Pendalaman dan retret gelombang IV diselenggarakan di Rumah Khalwat Roncalli Salatiga. Pendalaman sebelum retret untuk para Bruder Senior ini dilaksanakan pada tanggal 17-18 Desember 2018. Br. Valentinus Daru Setiaji memandu pendalaman ini.

    Tema pendalaman yang digulati adalah tentang Maria. Para bruder merasa puas dengan bentuk dan materi pendalaman yang dibawakan oleh Br. Valentinus Daru Setiaji. Para bruder terbantu untuk semakin memperkaya pengetahuan dan devosi tentang Maria pelindung kongregasi kita.

    Setelah pendalaman, mulai tanggal 18 Desember 2018 sore retret para bruder senior dimulai. Retret ini dipimpin oleh Rm. Th. S. Sarjumunarsa SJ. Br. F.A. Dwiyatno, Br. Anton Karyadi, dan Sr. Virgo SND membantu menyediakan diri untuk wawancara pribadi selama retret.

    Dinamika retret untuk para bruder senior kali agak sedikit berbeda. Pada awal retret beberapa bruder berkesan dinamika kegiatan bersama retret yang dirancang oleh Rm. Sarju begitu padat. Dalam berjalannya waktu sejumlah bruder justru merasa terbantu untuk memanfaatkan waktu retret ini dengan sebaik mungkin.

 Retret berakhir pada tanggal 24 Desember 2018 siang. Selanjutnya pada 24 Desember petang dirayakan Ekaristi Natal. Perayaan ekaristi dipimpin oleh Rm. Sarju. Pada perayaan ekaristi itu, dalam homilinya Rm. Sarju mengajak para bruder untuk belajar dari peristiwa Natal. Beberapa inspirasi dari peristiwa Natal adalah merawat keyakinan iman bahwa Allah sungguh berkerja bila kita teguh menghidupi iman kita, ajakan untuk terus melayani mereka yang lemah dan miskin, serta spiritualitas keterbukaan yaitu menumbuhkan sikap terbuka berbaur serta melayani siapa saja. Setelah perayaan ekaristi malam Natal para bruder melakukan rekreasi bersama.

 

(Para Bruder senior dan pendamping berfoto bersama di depan pintu utama rumah Roncalli, Salatiga)

    Pada 25 Desember pagi juga diselenggarakan perayaan Natal yang dipimpin oleh Rm. Sarju. Rangkaian kegiatan Natalan dilanjutkan dengan rekreasi dan kunjungan ke Girisonta serta Wisma Bernardus. Rangkaian perayaan Natal ditutup dengan rekreasi bersama dan makan siang. Semoga sukacita Natal terus mewarnai kehidupan kita.

  

  1. 2.  Pertemuan DP, Pemimpin Unit Karya dan Pemimpin Komunitas

    Sudah menjadi tradisi dalam provinsi kita, sebelum acara reuni tahunan diselenggarakan pertemuan Dewan Provinsi dengan para pemimpin komunitas dan pemimpin unit karya. Tahun ini pertemuan itu dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 pagi di Ruang Audio Visual SMA PL Don Bosco.

    Pada pertemuan ini Dewan Provinsi menyampaikan perihal tema tahunan dan doa tahunan oleh Br. Anton Karyadi, evaluasi penghayatan hidup bakti selama tahun 2018 oleh Br. Michael Sidharta Susila, Bujet provinsi dan komunitas oleh Br. Y. Triwuryanto, dan Misi komunitas oleh Br. F.A. Dwiyatno.

    Dalam pengantar awal dan peneguhan Br. F.A. Dwiyatno mengajak para bruder untuk mengusahakan hidup sebagai bruder yang semakin baik, semakin peka dan terlibat dengan lingkungan, serta terus mengupayakan hidup ugahari. Semoga upaya mengelola hidup berkongregasi dengan membangun komunikasi yang baik ini terus dapat kita rawat.

  1. 3.  Reuni FIC 2018

    Reuni kita pada tahun 2018 dilaksanakan pada tanggal 28-29 Desember 2018 di kompleks Komunitas Don Bosko “St. Yosef” – “Wisma Bernardus” dan SMA PL Don Bosko. Rangkaian kegiatan reuni diawali dengan bakti sosial di SD Tarcisius pada tanggal 28 Desember pagi. Pada sore hari panitia reuni menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan. Para bruder dan frater  memanfaatkan kesempatan ini untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Kegiatan ini dirasa membantu para bruder dan frater untuk semakin peduli merawat kesehatannya.

    Pada sore itu juga dilaksanakan pertandingan bola voley antar kelompok komunitas. Para bruder dan frater tampak antusias mengikuti pertandingan itu.

    Ibadat pembuka reuni dilaksanakan pada petang hari. Sebelum ibadat dimulai, Br. M. Sariya Giri selaku ketua panitia menyampaikan kata sambutannya. Dalam ibadat pembuka yang dipimpin oleh Br. Albertus Hariyadi ada sharing pengalaman dari para bruder yang merayakan 12,5 tahun hidup bakti sebagai FIC.

    Acara rekreasi dilaksanakan setelah makan malam. Para bruder dan frater menampilkan berbagai atraksi yang sungguh menyemarakan rekreasi malam itu. Sharing dari para bruder yang merayakan 25 tahun hidup bakti juga ikut memberi makna kebersamaan para bruder di malam itu. Pengalaman-pengalaman unik dan bermakna dibagikan oleh para bruder.

(Pestawan 12,6 tahun: Widyo, Andre, Agus Parno, Vembrianto, Galih, dan Juadi)

    Hari kedua reuni diawali dengan olah raga bersama. Para bruder dan frater bersama-sama bermain sepak bola. Pagi itu sungguh dirasakan keakraban antar bruder dan frater.

    Puncak reuni kita diawali dengan perayaan ekaristi di kapel Don Bosko dan dilanjutkan dengan ramah tamah di aula SMA PL Don Bosko. Pada kesempatan ramah tamah itu para bruder yang merayakan syukur hidup bakti 40 tahun, 50 tahun, dan 60 tahun sebagai FIC membagikan pengalaman-pengalaman bermaknanya. Kita pantas bersyukur karena para bruder sungguh-sungguh memperjuangkan hidupnya sebagai bruder sehingga aneka berkat dilimpahkan dalam kehidupan kita di Provinsi Indonesia ini.

   Ramah tamah reuni menjadi semakin semarak karena suguhan  aneka atraksi dari para siswa dan alumni sekolah Pangudi Luhur. Kesemarakan reuni siang itu seperti menjadi petanda betapa Allah sungguh memberkati FIC Provinsi Indonesia ini.

    Kita pantas bersyukur atas jerih payah Panitia Reuni FIC 2018. Kerja keras mereka sungguh memberi sumbangan yang berarti dalam merawat hidup persaudaraan kita sebagai FIC di Provinsi Indonesia ini.

 

  1. 4.  Rekoleksi Penegasan Panggilan

    Penegasan Panggilan untuk para bruder yang di tahun 2019 ini akan membarui prasetia atau berprasetia seumur hidup dilaksanakan pada 29-30 Desember 2018 di Komunitas Don Bosko “St. Yosef”. Br. Yohanes B. Purwanto, Br. Simon Andrus B, dan Br. Petrus Anjar memandu penegasan Panggilan ini.

    Pada kesempatan ini para bruder muda diajak untuk mengenali diri, khususnya kesiapan diri untuk membarui atau mengucapkan prasetia seumur hidupnya. Para bruder diajak untuk belajar dari Bunda Maria.

    Para bruder yang akan membarui prasetia dan yang akan mengucapkan prasetia seumur hidup merasa terbantu dengan kegiatan ini. Mereka dapat menyadari kelemahan diri dan terbantu untuk menyusun rencana perbaikan diri. Semoga selanjutnya para bruder sungguh-sungguh mengupayakan pembaruan diri sehingga siap untuk membarui prasetia ataupun mengucapkan prasetia seumur hidupnya.

 

  1. 5.  Perayaan 80 tahun Panti Asuhan Sancta Maria Boro

    Pada tahun 2018 ini Panti Asuhan Sancta Maria Boro genap berusia 80 tahun. Berbagai kegiatan telah diselenggarakan untuk merayakan rahmat yang diberikan Allah bagi Panti Asuhan Sancta Maria Boro selama 80 tahun ini. Kegiatan-kegiatan itu seperti bazar, khitanan masal, dan puncaknya adalah perayaan syukur pada tanggal 30 Desember 2018.

    Puncak perayaan syukur itu diawali dengan perayaan ekaristi. Selanjutnya ungkapan syukur itu dimeriahkan dengan pertunjukan tradisional jathilan dan ketoprak di malam hari.

    Kita ucapkan selamat kepada segenap keluarga Panti Asuhan Sancta Maria Boro. Semoga karya baik yang diabdikan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan ini terus diupayakan sebaik mungkin. Semoga semakin banyak orang yang mengalami kasih Allah lewat Panti Asuhan Sancta Maria Boro ini 

  1. 6.  Kepyakan Organ YPL

    Pada tanggal 2 Januari 2019 dilakukan kepyakan organ Yayasan Pangudi Luhur (YPL). Kegiatan ini diawali dengan perayaan ekaristi. Setelah perayaan ekaristi rangkaian kepyakan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Penetapan Organ Yayasan Pangudi Luhur masa bakti 2019-2024 oleh Sekretaris Pembina YPL yaitu Br. Sidharta.

(Organ YPL: Michael, Heribertus, Hans Gendut, Simon, Albert, Martin, dan Frans Dwiyatno)


    Pada kesempatan itu juga dilaksanakan serah terima pertanggungjawaban kerja Organ YPL periode 2013-2018 kepada Ketua Pembina yaitu Br. F.A. Dwiyatno, dan selanjutnya oleh Ketua Pembina YPL diserahkan kepada Ketua YPL 2019-2024 yaitu Br. Martin T. Handoko.

    Kita bersyukur karena para bruder organ YPL 2013-2018 telah bekerja keras mengelola YPL. Banyak kemajuan dan prestasi yang membanggakan telah dibuat. Semoga segala hal baik yang telah dimulai dapat terus dirawat dan ditumbuhkembangkan.

7.  Pertemuan DP – Staf Organ

    Di awal tahun 2019 ini Dewan Provinsi Indonesia  menyelenggarakan pertemuan bersama Staf Organ yaitu: Komisi Pembinaan Berkesinambungan, Komisi Spiritualitas dan Penguatan Persekutuan, Yayasan Pangudi Luhur, Yayasan Budi Mulia Semarang, Komisi Penasehat Pengelolaan Aset, dan Bendahara Provinsi. Pertemuan diselenggarakan di Komunitas Muntilan dan Novisiat.

    Pertemuan DP dan Staf Organ kali ini adalah pertemuan yang khusus karena para bruder diminta untuk memikirkan rencana kerja untuk enam tahun dalam menerjemahkan buah-buah Kapitel Provinsi Indonesia 2018 dan Kapitel Umum 2018. Tentu belumlah cukup waktu untuk membuat program yang lengkap yang akan dijalankan selama enam tahun ke depan. Tetapi yang terpenting para bruder mulai menemukan hal-hal prinsip yang perlu diusahakan enam tahun ke depan. Selanjutnya para bruder masih harus berkumpul membahas sejumlah hal dengan lebih detail. Diharapkan pada saat Hari Provinsi kita telah dapat menerima informasi yang cukup dari Organ Pembantu Dewan Provinsi tentang upaya menerjemahkan buah-buah kapitel kita.

  1. 8.  Kursus Pembina Rohani

    Rumah Khalwat Roncalli menyelenggarakan Kursus Pembina Rohani (KPR) mulai 5 Januari – 7 Juli 2019. Kursus ini merupakan kursus yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Kali ini ada 35 suster, bruder, imam yang mengikuti program KPR.

    Salah satu peserta KPR tahun ini adalah Br. Agustinus Suparno. Kita ucapkan selamat mengikuti program KPR kepada Br. Agustinus Suparno. Semoga banyak hal yang bisa dipelajari dan direnungkan selama mengikuti program KPR.

  1. 9.  Bruder sakit
    1. a.  Br. Marianus Sumardiyana

Seperti diinformasikan dalam Surat Edaran Desember 2018, Karena jatuh pada saat naik sepeda motor di daerah Gejlig, kaki kiri Br. Marianus bengkak dan sudah dua minggu tidak sembuh. Pada tanggal 4 Desember Br. Marianus opname di Rumah Sakit Elisabeth Semarang. Dari hasil pemeriksaan diketahui Br. Marianus mengalami infeksi pada kaki kiri. Setelah mendapat perawatan pada tanggal 10 Desember Br. Marianus diperkenankan kembali ke Komunitas Boro.

  1. Br. Berchmans Nyotoharjo

Pada tanggal 15 Desember Br. Berchmans opname di Rumah Sakit Elisabeth Semarang untuk persiapan operasi katarak. Operasi dilaksanakan pada tanggal 16 Desember dan sesudah mendapat perawatan, pada tanggal 18 Desember Br. Berchmans diperkenankan kembali ke komunitas dan dilanjutkan mengikuti retret tahunan bruder senior di Rumah Khalwat Roncalli.

  1. Br. Yustinus Juadi

Pada tanggal 29 Desember, sesudah sepak bola bersama dalam rangka Reuni FIC 2018, Br. Juadi mengeluh pusing, sesak nafas dan mual-mual. Setelah dibawa ke Rumah Sakit Elisabeth Semarang, Br. Juadi diminta opname karena mengalami vertigo dan kadar asam lambung yang tinggi. Pada tanggal 31 Desember Br. Juadi diperkenankan kembali ke komunitas dan langsung kembali ke Kembangan, Jakarta Barat.

  1. 10.       Br. Redemptus kembali ke Roncalli

       Setelah hampir delapan bulan menjalani masa perawatan di RS. Elisabeth dan Wisma Bernardus, akhirnya Br. Redemptus oleh tim dokter yang merawatnya dinyatakan telah dalam kondisi baik.

       Dalam pemeriksaan kesehatan dan check up tanggal 7-8 Januari 2019 menunjukkan bahwa kondisi kesehatan Br. Redemptus telah baik. Kondisi tulang paha Br. Redemptus telah tersambung dengan baik. Karena itu tim dokter menyatakan bahwa Br. Redemptus sudah sehat dan baik. Para dokter tetap berpesan agar Br. Redemptus tetap berhati-hati dalam beraktivitas.

       Maka pada tanggal 9 Januari 2019 Br. Redemptus kembali ke Komunitas Salatiga, dan bergabung dengan komunitas Roncalli.

       Kita bersyukur atas berlimpah rahmat dan mukjizat yang dikaruniakan Allah bagi Br. Redemptus. Sukacita dan rasa syukur Br. Redemptus adalah sukacita para bruder dan frater di Provinsi Indonesia juga.

  1. 11.       Agenda Provinsi Januari

27 Januari – Hari Provinsi I di Muntilan

 

Para bruder dan frater yang terkasih, demikian Surat Edaran kami pada awal bulan Januari 2019.

 

               Salam dan doa,

      atas nama  Dewan Provinsi

 

              Br. F.A. Dwiyatno, FIC

                 Pemimpin Provinsi

 








^:^ : IP 18.205.60.226 : 3 ms   
BROTHERS FIC
 © 2019  http://brothers-fic.org//