GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Sunday, October 22 2017  - 6 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



09.08.2017 14:43:09 382x read.
INDONESIA
News Indonesia Province, August 2017.

Salam kasih persaudaraan,


Para bruder dan frater yang terkasih, sambil berpartisipasi aktif melalui tahapan persiapan kapitel yang difasilitasi panitia ad hoc, berikut ini kami sampaikan beberapa informasi yang terjadi selama sebulan terakhir. Selamat membaca.

1. Retret dan Pendalaman Gelombang I

Pada tanggal 4 sampai dengan 11 Juli telah berlangsung retret gelombang I di Rumah Khalwat Roncalli Salatiga. Retret dengan mendalami tema tahun 2017 dan dikhususkan bidang penghayatan selibat diikuti 15 bruder, 12 bruder muda dan 3 bruder medior/senior. Rangkaian retret didampingi oleh Rm. Fransiskus Iwan Yamrevaw, MSF. Setelah selesai retret, pada tanggal 11 sampai dengan 12 Juli, di tempat yang sama, diselenggarakan pendalaman dokumen Identitas dan Misi Religius Bruder di dalam Gereja yang disampaikan oleh Br. Martinus Handoko. Pendalaman diikuti oleh 22 bruder, 13 bruder muda, 4 anggota Dewan Provinsi dan 5 bruder medior/senior. Secara garis besar Br. Martinus menjelaskan satu-satunya dokumen resmi dari Vatikan yang menggambarkan peranan religius bruder di dalam Gereja. Semoga melalui retret dan pendalaman para bruder semakin dimampukan mewartakan kasih dan kebaikan Allah melalui hidup berkomunitas dan kerasulan sehari-hari.

2. Penerimaan Frater Postulan

Setelah menjalani masa orientasi selama satu bulan di SMP PL Yogyakarta, pada tanggal 16 Juli kelima calon postulan secara resmi memasuki pendidikan postulan. Ibadat pembukaan masa postulan diselenggarakan di kapel postulat. Ibadat dipimpin oleh Br. Marten Samuel. Sebelum renungan, Br. Antonius Kristali selaku penanggungjawab masa orientasi menyerahkan kelima calon postulan ke Br. F.A. Dwiyatno selaku Pemimpin Provinsi. Selanjutnya Br. F.A. Dwiyatno menyerahkan para frater postulan dalam tanggungjawab Br. Robertus Koencoro selaku Pemimpin Postulan. Kelima frater postulan tersebut adalah:

  1. Fr. Thomas Aquinas Prastianto – Magelang, 28 Januari 1985 (SMA N I Sleman) 

  2. Fr. Welly Octavianto – Banyuwangi, 7 Oktober 1987 ( Universitas Wijaya Kusuma Surabaya) 


c.Fr. Arcancio Amaral – Lectos (Timor Leste), 23 Maret 1991 ( SMA Seran, Contec Suai Covalima) 


  1. Fr. Hieronymus Wisnumurti Rahadyan – Wonogiri, 9 Juni 1997 (SMA PL Giriwoyo) 

  2. Fr. Adrianus Heru Puhun – Ujung Pandang, 21 Oktober 1998 ( SMK 2 Palopo) 


Semoga kelima postulan cepat dapat menyesuaikan diri dengan irama hidup sebagai calon bruder. Kita bawa dalam doa-doa kita.

3. Kursus Persiapan Prasetia Seumur Hidup

Br. Adrias Purwanto dan Br. Andrias Eko Susanto pada tanggal 16 Juli sampai dengan 3 September mengikuti Kursus Persiapan Prasetia Seumur Hidup yang diselenggarakan oleh Rumah Khalwat Roncalli. Kursus diikuti oleh 34 peserta. Pada akhir kursus peserta akan menjalani retret bimbingan pribadi selama 8 hari. Selamat kursus. Semoga melalui kursus Br. A. Purwanto dan Br. A. Eko Susanto semakin mantap dalam panggilan sebagai religius bruder.

4. Kursus di Girisonta

Mulai 19 Juli sampai dengan 3 Agustus, Br. Wensislaus Parut mengikuti Kursus Respita – Membangun Spiritualitas Masa Kini yang diselenggarakan oleh Pusat Spiritualitas Girisonta. Kursus diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari suster, imam, bruder/frater dan awam. Semoga dengan mengikuti proses kursus, Br. Wensi memperoleh bekal yang diperlukan dalam pelayanan di Rumah Retret Syalom Bandungan.

5. Kerjasama antar tarekat

  1. Staf Rumah Khalwat Roncalli
Sr. M. Melani, FCh, staf Rumah Khalwat Roncalli, setelah satu tahun berkarya sebagai staf pendamping, pada tanggal 4 Juli 2017, pindah tugas sebagai Ketua Yayasan di Palembang. Selamat bertugas di tempat yang baru dan terima kasih atas pengabdian suster selama satu tahun terakhir di Roncalli. 

  2. Sr. Berta SRM di Panti Asuhan Boro
Mulai 19 Juli 2017, Sr. Berta SRM mengundurkan diri dari tugas di Panti Asuhan Boro. Terima kasih atas partisipasi Sr. Berta dalam mengusahakan pelayanan yang lebih baik di Panti Asuhan. Selamat bertugas di tempat yang baru. 

  3. Fr. Rui Pereira
Fr. Rui Pereira dari Keuskupan Maliana, Timor Leste, magang atau belajar di Percetakan Pangudi Luhur Muntilan dan tinggal di Komunitas Petrus Canisius Muntilan. Fr. Rui akan belajar tentang percetakan dan penerbitan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2017. 

  4. RD. Agustinus Nofentius Sadipun
Mulai tanggal 29 Juli 2017, Rm. Nofentius, imam diosesan dari Keuskupan Pangkalpinang tinggal di Komunitas St. Josef Semarang. Rm. Noven studi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Husada Semarang jurusan Fisioterapi. Selamat datang Rm. Noven dan selamat belajar.

e.      Sr. Agnesia, AK di Syalom
Mulai tanggal 23 Juli, Sr. Agnesia AK bergabung sebagai Staf Pendamping Rumah Retret Syalom Bandungan. Selamat datang dan semoga kehadiran Sr. Agnesia di Rumah Syalom semakin meningkatkan pelayanan bagi siapa saja yang ingin mengalami kasih Allah.

6. Peresmian bangunan baru

  1. Peresmian Asrama Putra Sedayu
Pada tanggal 17 Juli diselenggarakan peresmian bangunan baru di Asrama Putra Sedayu. Biaya pembangunan ditanggung oleh orang tua penghuni asrama. Peresmian dihadiri oleh umat sekitar Komunitas FIC Sedayu, penghuni asrama (39) beserta orang tuanya, para suster HK, perwakilan asrama putri dan tamu undangan lainnya. Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh romo paroki St. Theresia Sedayu, Rm. Yohanes Tri Widianto, Pr. Sesudah Ekaristi diselenggarakan ramah tamah yang telah disiapkan oleh para suster dan ibu-ibu lingkungan. Profisiat dan semoga semakin dapat melayani anak asrama dengan lebih baik. 

  2. Peresmian Unit Gedung SMA PL Bernardus Delta Mas
Pada tanggal 20 Juli telah diselenggarakan peresmian gedung SMA PL Bernardus Delta Mas. Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Mgr. Ignatius Suharyo dan dihadiri oleh para pengurus YPL Pusat dan Perwakilan Jakarta, para bruder yang pernah berkarya di Delta Mas dan tamu undangan lainnya. Profisiat dan semoga semakin menjadi sarana untuk mewujudkan Allah adalah Kasih. 


7. Lulus studi

Pada tanggal 17 Juli Br. Boromeus Haryono ujian tugas akhir di Univeristas Katolik Atma Jaya Jakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurusan Pendidikan Teologi. Br. Haryono menulis tugas akhir dengan judul: “Membangun Gereja Kawanan Kecil di Kota Megapolitan.” Selamat melanjutkan tugas belajar melalui kerasulan yang dipercayakan oleh kongregasi dan melalui kehidupan sehari- hari. Profisiat.

8. Tahap OASIS FIC Journey

Pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 17 September 2017 akan diselenggarakan tahap OASIS bagi peserta FIC Journey di Stilte- en Bezinningscentrum Onder de Bogen, Sint Servaas Klooster 14, 6211 Te Maastrictht (rumah pertemuan yang dikelola oleh para Suster CB). Untuk keperluan OASIS, 8 bruder peserta dari Indonesia didampingi Br. Valentinus Daru Setiaji sebagai penerjemah akan berangkat ke Belanda pada tanggal 15 Agustus dan kembali ke Indonesia pada tanggal 20 September 2017. Selamat ber-OASIS, semoga menjadi pengalaman rohani yang memperkaya panggilan sebagai religius bruder.

9. Br. Sakit

  1. Br. Thomas Sumaryadi
Pada tanggal 26 Juli, Br. Thomas opname di Rumah Sakit Charitas Belitang. Dari pemeriksaan dokter ditemukan pembengkakan jantung. Setelah mendapat perawatan pada 29 Juli Br. Thomas diperkenankan kembali ke komunitas. Semoga cepat sembuh. 

  2. Br. Yosef A. Utmiyadi
Pada tanggal 2 Agustus, dalam perjalanan ke pulau Bali mendampingi siswa/siswi SMP PL Pangudi Luhur Yogyakarta, Br. Utmiyadi mengeluh sakit bagian tulang belakang sehingga tidak bisa begerak dengan bebas. Akibatnya Br. Utmiyadi tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Bali. Untuk perawatan, Br. Utmiyadi opname Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya. 
Pada tanggal 3 Agustus, Br. F.A. Dwiyatno datang ke Surabaya dan memutuskan Br. Utmiyadi menjalani terapi RF (Radiofrekuensi – Pain Management) dengan suntik untuk lumbar tulang belakang 
(antara ruas 4-5) dan persendian pinggang. Terapi diselenggarakan pada tanggal 3 Agustus sore dan pada tanggal 4 Agustus pagi Br. Utmiyadi sudah diperkenankan kembali ke komunitas Yogyakarta.

c.      Br. Romualdus Suyono
Pada tanggal 4 Agustus malam, Br.   Romualdus opname di Rumah Sakit Elisabeth Semarang. Keluhan yang dialami tensi tinggi. Setelah mendapat perwatan dari dokter dan perawat, pada tanggal 8 Agustus Br. Romualdus diperkenankan kembali ke Komunitas Wisma Bernardus.

Para bruder dan frater yang terkasih, demikian Surat Edaran kami pada awal bulan Agustus 2017. Selamat melibatkan diri dengan proses KPI 2018. Semoga kasih Allah senantiasa menyertai segala usaha baik kita.

Salam dan doa,
atas nama Dewan Provinsi

Br. F.A. Dwiyatno, FIC Pemimpin Provinsi 








^:^ : IP 54.81.79.128 : 3 ms   
BROTHERS FIC
 © 2017  http://brothers-fic.org//