GENERAL COUNCIL F.I.C. - Prins Bisschopsingel 22, 6211 JX Maastricht, The Netherlands  Phone: *31 (0) 43 3508373
Monday, December 11 2017  - 10 User Online  
HOMEGUESTBOOKCONTACT USFORUM 



20.03.2017 15:53:40 1473x read.
INDONESIA
Kiat Memotivasi Diri agar Selalu Antusias.

Kiat Memotivasi Diri agar Selalu Antusias.

 

 Judul Motivasi Dirimu Gapai Suksesmu.

Pengarang : Theo Riyanto, FIC

Tebal : 209 halaman

Cetakan : 2016

Penerbit : Kanisius

ISBN : 978-979-21-4425-3

Perkembangan teknologi membawa dampak signifikan masyarakat, baik dari gaya hidup maupun perkembangan psikologis. Semua serbacepat. Di satu sisi memudahkan kehidupan, di sisi lain membawa dampak negatif. Disadari atau tidak, etos bekerja keras dan pantang menyerah kian tergerus kebiasaan serba-instan.

Dampaknya, banyak orang harus distimulus dari luar. Untuk menjawab kebutuhan ini, muncul banyak motivator atau inspirator. Tidak ada yang salah menyemangati diri dengan mengikuti seminar motivasi. Namun, motivasi dari luar cenderung berefek singkat. Sebaiknya orang mampu memotivasi diri sendiri.

Kasus bunuh diri banyak terjadi karena tidak ada motivasi untuk hidup. Jika untuk bernapas saja dibutuhkan motivasi, apalagi menggapai kesuksesan. Sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar selalu termotivasi seperti diuraikan buku ini.

Tindakan berawal dari niat. Agar bisa memiliki motivasi kuat, orang harus punya niat tepat dan konkret. Tepat, artinya berasal dari diri sendiri. Otentik, bukan ikut-ikutan. Jika mau merenung secara jujur, pasti seseorang akan menemukan niat betul-betul murni. Hal tersebut akan memberi daya dorong besar dan kuat.

Adapun konkret, maksudnya goal yang ingin dicapai tidak perlu terlalu banyak. Sedikit, tetapi bisa dijalankan. Jangan sampai niat tersebut seperti kembang api yang hanya menyala sebentar. Niat harus terus-menerus bersinar. Selanjutnya menciptakan antusiasme. Bangunkan seluruh tubuh pada saat yang tepat fisik maupun rohani. Waktunya pagi hari karena durasi itu menentukan sehari penuh (halaman 12–14).

Seperti dikatakan Josemaria Escrivam, “Taklukanlah dirimu mulai sejak awal kegiatan setiap hari. Bangunlah tepat pada waktu yang telah ditentukan, tanpa sekejap pun memberi kesempatan bermalas-malasan. Apabila dengan bantuan Tuhan engkau mampu menaklukkan dirimu pada saat-saat demikian, niscaya banyak yang dapat engkau selesaikan sepanjang hari. Betapa melemahkan semangat bila mendapatkan dirimu sudah terkalahkan pada menit-menit awal pertempuran.” (halaman 15–16).

Membangunkan tubuh tidak berarti langsung mandi. Sebaliknya, ketika bangun, sebaiknya tenangkan diri dulu dan mengucap syukur pada Tuhan seraya berdoa untuk kebaikan dan rahmat hari itu. Kemudian, lemaskan otot dengan berolah raga ringan selama 10–15 menit. Barulah boleh mandi.

Mental dan pikiran juga bisa dijernihkan saat itu. Tersenyum dengan menatap cermin sambil meyakinkan diri untuk menjalani hari dengan penuh antusias. Periode ini bisa untuk memikirkan kegiatan yang akan dilakukan sepanjang hari. Jangan lupa bersyukur dengan mengisi waktu yang bermanfaat.

Ketika motivasi telah diperoleh, jangan pernah menunda. Sebab, menunda lambang kegagalan dan kekalahan. Segala rencana tak akan berjalan maksimal. Tidak akan pernah ada kondisi ideal untuk meraih kesuksesan. Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mengeksekusi segala niat.

Selain beberapa tip praktis tadi, buku juga menguraikan poin-poin menggapai motivasi diri dan kesuksesan hidup. Pembahasan dibagi ke dalam 30 topik, di antaranya Lakukan Perubahan secara Bertahap, Kerja Keras Tidak Sama dengan Sukses, Refleksikan Hidup, Merangkul Masa Lalu, dan Meraih Masa Depan.

Pada bagian penutup, disinggung cara memelihara motivasi seperti anak kecil yang selalu semangat bermain. Yang dikejar bukan hasil semata, tetapi lebih pada keceriaan dan kegembiraan. Mereka tidak memperumit masalah. Jika bisa melakukannya, niscaya hidup akan selalu dijalani dengan motivasi tinggi dan menyenangkan. 

Diresensi Husnul Aini, Alumni Universitas Mataram








^:^ : IP 54.160.245.121 : 2 ms   
BROTHERS FIC
 © 2017  http://brothers-fic.org//